Bagaimana Caranya Agar Selalu Semangat


Sambil refreshing mengisi waktu ayo kita sama-sama mencari tahu, bagaimana agar selalu semangat. Kadang kita melihat ada orang yang selalu bersemangat melakukan apa pun dalam kehidupannya, sedangkan di sisi lain ada orang yang tidak pernah memiliki semangat dalam beraktifitas

Kira-kira apa saja sih yang bisa memotivasi orang?

Saya sangat suka membaca buku-buku motivasi dan diantara beberapa inti yang selalu diulang-ulang oleh motivator baik dalam maupun luar negeri, dari Antony Robbins dan Brian Tracy yang berdomisili di USA, sampai yang orang Indonesia seperti Merry Riana, Tung Dasem Waringin dan Miftah el-Banjary, selalu memotivasi audiencenya dengan poin-poin berikut ini:

1. Bermimpi Besar
Sebagian orang begitu bersemangat menjalani hari-harinya karena mereka membayangkan masa depan yang begitu cerah dan menantang. Mereka memiliki visi tentang masa depan yang indah. Yang begitu besar sehingga membutuhkan semangat besar dan usaha yang keras. Orang-orang seperti Sukarno, Obama, adalah orang-orang yang selalu membayangkan tentang masa depan yang lebih baik. Visi tentang masa depan yang lebih baik itulah, dan impian tentang perubahan besar itulah yang membuat para pemimpi terus tersenyum dan bersemangat menjalani hari.

2. Bayangkan Kenikmatan Yang Begitu Nikmat
Sifat asli manusia adalah memiliki nafsu. Nafsu ini adalah salah satu tenaga pendorong yang luar biasa dalam perilaku manusia sehari-hari. Kita bisa melihat bagaimana seorang yang sudah tidak tahan lagi menahan nafsunya akhirnya berakhir dengan pemerkosaan. Bayangan tentang kenikmatan menjadi bebas finansial juga yang mendorong Merry Riana dari seorang pegawai biasa menjadi miliarder di negeri Singapura.

3. Bayangkan Tentang Kepahitan Yang Begitu Menyakitkan
Kepahitan yang dirasakan oleh Robert Kiyosaki ketika melihat ibunya menangis karena tidak mampu membayar tagihan-tagihannya, dan rasa sakit yang dirasakannya ketika melihat ayahnya menjadi pengangguran dan menghabiskan waktunya dengan menonton televisi sepanjang hari, menjadi daya dorong yang begitu kuat di dalam dirinya untuk berbuat semaksimal mungkin agar bisa menjadi kaya dan bebas secara finansial.

4. Seringlah Membaca Materi-Materi Motivasi  
Manusia adalah makhluk yang bisa berubah. Sifatnya seperti air, karena 75% tubuh manusia terdiri dari air. Air bisa dicampur dengan berbagai macam bahan-bahan, bisa dicampur dengan susu, jahe, atau pun gula. Begitu juga manusia. Dan karena itulah Allah mewanti-wanti dengan mewayukan wahyu pertamaNya: Bacalah! Manusia yang terus-terusan menerima informasi tentang ilmu-ilmu kedokteran, bertemu dokter-dokter, dan membaca habis buku-buku kedokteran, akhirnya bakal menjadi dokter. Dan barangsiapa yang terus-terusan membaca materi motivasi, dan kemudian bertemu dengan motivator-motivator, maka tidak disangsikan lagi, orang seperti inilah yang akan selalu terlihat penuh semangat!


Share on Google Plus

About izdiyan muttaqin

Saya adalah seorang pengajar, pembelajar, dan wiraswasta yang menyukai hal-hal yang berhubungan dengan motivasi, sejarah, ilmu keislaman, dan Bahasa Arab "anda bisa menghubungi saya" di presiden.izdiyan@gmail.com.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar