Mengapa Indonesia Miskin?

Pertanyaan ini ditanyakan oleh salah seorang guru tahfidz di mesir. Sebenarnya kita semua tahu kalau indonesia tidak miskin2 amat. Pertanyaan itu saya jawab dengan memaparkan data2 tentang produktifitas indonesia dalam berbagai bidang dan juga besarnya jumlah penduduk indonesia Karena mungkin yg beliau tahu cuma beberapa berita seperti tsunami dan kerusuhan.

Lalu bagaimanakah cara merubah image tersebut? Saya berfikir mengapa image itu begitu melekat, apa yang salah dengan negara besar ini?

Saya yakin sebagian besar masyarakat akan menyalahkan pemerintah. Itu wajar karena Sebagai warga negara, kita tentu tidak me
miliki kekuatan dan kekuasaan untuk merubah struktur negara secara langsung. Tapi tentu kita sebagai Makhluk Tuhan yang diberi kesempatan oleh Sang Pencipta untuk menjadi khalifah di bumi tentu punya kemampuan untuk melakukan perubahan kalau kita mau berjuang.

Namun sebelum masuk ke topik itu saya mau sedikit mengurai kenapa kira2 image indonesia sebagai negara miskin masih begitu melekat. Saya ingin melihat dengan pandangan yang jernih dan apa adanya. Mungkin di antara sebabnya:
1. Indonesia banyak mengekspor tki. Banyak Orang-orang indonesia yang memilih menjadi buruh dan menanggung reziko hidup di luar negeri daripada bertahan di kampung halamannya. Dari sini tergambar mental pekerja warga indonesia masih sangat tinggi. Dan yang positif tentunya orang indonesia ternyata memiliki semangat untuk bekerja yang tinggi.
2. Indonesia tidak terlalu dikenal karya-karyanya. Beberapa negara begitu dikenal, seperti amerika yang memiki produk-produk digital seperti windows dan google yang bisa dimanfaatkan orang banyak. Iklan-iklan pariwisata indonesia juga tidak pernah tampil di layar kaca masyarakat dunia. Marketing guys, segala sesuatu akan jadi menarik kalau dikemas.

Dan yang kita perlukan sebenarnya adalah 1.perbaikan masing-masing orang dan kemudian kita memperbaiki sekeliling kita.
2. Kita juga harus menyadari bahwa sukses itu butuh kerjasama kita tidak bisa hanya menyalahkan pemerintah. Lalu apa yang sudah kita lakukan untuk membantu pemerintah? Semua pemerintahan didirikan untuk kebaikan walaupun memang kinerjanya masih sangat perlu ditingkatkan, tapi bukankah kita masih punya banyak warga negara lain yang bisa membantu pemerintah membuka lapangan kerja, membangun rumah sakit, mengadakan pelatihan-pelatihan dan sebagainya.
3. Miskin atau tidaknya indonesia tidak hanya dilihat dari pemerintahannya tapi tentunya dari warganya. Dan inilah pentingnya dan mutlak perlunya membangun semangat kemandirian, dan juga pentingnya pendidikan finansial dan semangat tidak bergantung pada orang lain. Dan semangat membangun bisnis. Karena berbisnis adalah cara paling simple untuk menjadi kaya.
4. Indonesia bisa semakin kaya apabila memiliki banyak income, dan salah satu sber yang paling besar adalah dari pajak. Maka bayangkanlah jika setiap orang indonesia memiliki bisnis besar, maka tidak diragukan lagi akan ada ratusan juta perusahaan yang mengalirkan uang ke kantong pemerintah, dan pembangunan, perbaikan dan kemajuan menjadi hal yang mudah untuk dicapai. Dan saya termasuk orang yang sangat yakin bahwa kekayaan Allah SWT adalah unlimited, tidak akan habis. Kemarin Bill Gates menyampaikan pidatonya bahwa dalam beberapa waktu ke depan air laut akan bisa dijadikan sumber energi bagi manusia, dan kekayaan pun menjadi semakin tanpa batas. Indonesia bisa menjadi lebih baik, kalau mau dan Allah mengizinkan, langit pun bisa ditembus!

Share on Google Plus

About izdiyan muttaqin

Saya adalah seorang pengajar, pembelajar, dan wiraswasta yang menyukai hal-hal yang berhubungan dengan motivasi, sejarah, ilmu keislaman, dan Bahasa Arab "anda bisa menghubungi saya" di presiden.izdiyan@gmail.com.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar