Bagaimana cara mengaji seperti syekh-syekh

Tentu saja kita semua ingin bisa mengaji seperti syekh-syekh yang sering kita dengar di kaset. Dengan lantunan melodinya yang indah dan rapih. Namun tentu saja untuk mencapai tingkatan itu terdapat banyak tahap yang harus kita tempuh.

Sebenarnya menjiplak gaya orang lain bukanlah sesuatu yang sulit, seperti kita tahu, menjiplak tulisan orang lain jauh lebih mudah daripada membuat tulisan sendiri. Menjiplak juga bisa mengurangi penghargaan orang lain terhadap diri kita, namun menurut saya jika kita mau mencapai tingkatan master tentu saja meng-copy para master adalah suatu hal yang rasional walaupun pada akhirnya karakter kita juga akan tetap terlihat.

Dan tentu saja kita harus menyesuaikan lagu yang digunakan oleh syekh tersebut dengan kemampuan suara kita. Kita tidak hanya akan kehabisan nafas jika memaksakan diri, kita suara kita pun akan terdengar fals dan dipaksakan, "laa yukallifullaahu nafsan illa wus'aha" Allah tidak membebani seseorang kecuali semampunya dia.

1. Perbaikilah Kemampuan Membaca al-Qur'an anda
Anda bisa mencari guru yang bisa memperbaiki makharij huruf anda atau pun menyetorkan bacaan anda kepada orang lain agar bisa dibetulkan.
Dan yang menurut saya paling penting, anda harus melancarkan bacaan anda sesempurna mungkin agar bisa mengikuti bacaan syekh yang akan anda tiru

2. Carilah Syekh Idola Anda
Tentu saja anda harus mengetahui siapa yang hendak anda tiru. Seumpama anda ingin berguru, anda perlu mencari tahu guru manakah yang menurut anda memiliki ilmu paling tinggi namun anda juga harus menakar apakah ilmu tersebut mampu anda serap?

Anda bisa memulai browsing di youtube atau google. Cobalah ketik: "al-fatihah syekh". Maka anda akan mendapatkan beberapa nama syekh yang bisa anda jadikan rujukan. Maka hafalkanlah nama Syekh tersebut karena dialah yang akan menemani anda meningkatkan skill membaca qur'an anda

3. Download Surat Favorit Anda
Selanjutnya mulailah mendownload surat - surat yang hendak anda hafalkan. Ketika saya masih calon pelajar dulu, saya menggunakan kaset mp3 murottal ayah saya yang dibaca oleh Syekh Abdulloh Al-Mathrud. Hampir setiap pagi di bulan ramadhan saya memutar kaset tersebut sambil menghafal surat al-Baqoroh.

4. Bacalah Surat Tersebut Berbarengan Dengan Kaset
Saya harap tulisan di atas cukup dipahami. Jadi yang harus kita lakukan adalah membaca al-Qur'an bersama-sama dengan rekaman al-Qur'an tersebut.

Dengan mengikuti bacaan syekh, tentu kita akan merekam dalam otak kita naik turun dan nada lagu yang digunakan oleh syekh tersebut. Dan dengan begita kita telah menghafal dengan cara yang lebih ringan dan tanpa paksaan.

5. Nikmati, Nikmati, dan Nikmati Setiap Hari
Jangan terlalu terburu-buru dalam belajar. Nikmatilah lantunan al-Qur'an tersebut dengan sepenuh hati, dan berilah kesempatan bagi alam bawah sadar anda untuk menyerap makhraj dan irama bacaan syekh tersebut.
Jika anda sabar dan terus belajar, maka bacaan al-Qur'an anda akan semakin membaik dan sedikit demi sedikit akan menjadi semakin mirip dengan bacaan al-Qur'an syekh tersebut, mudah-mudahab Allah memudahkan.

Share on Google Plus

About izdiyan muttaqin

Saya adalah seorang pengajar, pembelajar, dan wiraswasta yang menyukai hal-hal yang berhubungan dengan motivasi, sejarah, ilmu keislaman, dan Bahasa Arab "anda bisa menghubungi saya" di presiden.izdiyan@gmail.com.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments:

  1. artikel yang menarik gan, aku juga punya alat yang membantu mengaji, tapi juga harus ada pendamping. kalo berkenan boleh di cek di http://grosirmurahdiskon.blogspot.com/
    thx gan

    BalasHapus
  2. ahlan, welcome mas naryono, makasi mas, cuma sharing aja, o gt, sip2, saya sudah berkunjung ke toko online agan, sangat menarik, perlu belajar banyak nih sama agan :D

    BalasHapus