Bagaimana Cara Untuk Membuat Indonesia Menjadi Lebih Baik


Bagaimana cara untuk membuat Indonesia lebih baik? Sebagaimana rakyat Indonesia yang lainnya, saya juga sering memikirkan bagaimana caranya untuk membuat Bangsa Indonesia lebih baik. Bukan sebagai Bangsa yang Besar saja, karena Bangsa Indonesia memang terlahir dalam jumlah penduduk dan ukuran wilayah yang besar, namun juga sebagai sebuah Negara yang lebih baik. Lebih terhormat, dan lebih maju di segala bidang. Karena Indonesia bisa dibilang memang masih sangat berpotensi untuk ditingkatkan dan dikembangkan menjadi sebuah negara superpower dengan jumlah penduduknya yang besar.

Saya beberapa kali browsing di google tentang permasalahan Indonesia, dan memang Indonesia sebagai sebuah negara memiliki tingkat kesulitan hidup yang tinggi jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Indonesia terbentang dari ujung ke ujung dan dipisahkan dengan lautan, terdiri dari ribuan pulau dari ratusan bahasa. Dan kehidupan setiap manusia Indonesia tidak ditunjang dengan bantuan-bantuan langsung dari pemerintah. Tidak semua orang Indonesia bisa sekolah, tidak semua orang Indonesia bisa menikmati listrik, tidak semua orang bisa mendapatkan pekerjaan layak, dan tidak semua orang indonesia mendapat akses informasi untuk memperbaiki kehidupan mereka, dan begitu banyak kesulitan-kesulitan lainnya.

Memperbaiki negara secara langsung memang hanya bisa dilakukan oleh Pemerintah dan seluruh jajarannya. Namun kita sesungguhnya memiliki peran yang tidak kalah penting dari pemerintah. Karena pemerintah Indonesia adalah juga bagian dari Masyarakat Indonesia. Dan Negara Indonesia adalah gabungan dari ratusan juta Warga Negara Indonesia. Dan Negara yang baik adalah suatu gabungan dari sekumpulan Warga Negara yang baik. Jadi sebelum jauh-jauh menyalahkan Presiden, Menteri, Aparatur, Polisi dan sebagainya, selayaknya kita bertanya kepada diri kita, sudahkah kita menjadi Warga Negara yang baik? Yang memberi manfaat dan kebaikan bagi warga negara di sekitar kita? Andaikata semua Warga Indonesia sudah baik, bukankah dengan otomatis Pemerintahan Indonesia juga akan menjadi pemerintahan yang baik....
Share on Google Plus

About izdiyan muttaqin

Saya adalah seorang pengajar, pembelajar, dan wiraswasta yang menyukai hal-hal yang berhubungan dengan motivasi, sejarah, ilmu keislaman, dan Bahasa Arab "anda bisa menghubungi saya" di presiden.izdiyan@gmail.com.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar