Memelihara Semangat Untuk Tetap Maju



Dalam hidup ini kita akan selalu dihadapkan pada tantangan-tantangan baru. Ketika kita masih kecil dan masuk SD kita selalu ingin segera naik kelas dan masuk SMP. Dan setelah berjuang, ternyata kita mampu lulus dari SD dan bisa masuk ke sekolah yang layak. Ketika kita masuk SMP kita dihadapkan pada buku-buku baru, tantangan-tantangan baru. Dan tentu saja seragam baru yang membuat kita begitu bangga ketika mengenakannya. Kita juga mulai merasakan masa puber dan berbagai dinamika dan tantangan yang menyertainya, jatuh cinta, ditolak, atau diterima mungkin. Lalu kita mulai memikirkan tentang sekolah mana yang akan kita masuki setelah lulus dari SMP/Tsanawiyah nantinya, dan apakah kita mampu lulus dengan nilai yang baik? Tantangan demi tantangan tidak pernah berhenti menghampiri kita. Dan setelah kita memfokuskan diri untuk bisa lulus SMP/Tsanawiyah, kita pun ternyata mampu menyelesaikan pendidikan kita, dan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Dan saat kita memasuki masa SMU/Aliyah kita kembali menemui tantangan yang semakin lama semakin berat. Dan dalam hidup ini, saat kita merasa lemah, dan ketika kita berfikir bahwa tantangan yang ada begitu berat, kita sesungguhnya sedang meningkatkan kemampuan kita untuk menyelesaikan masalah. Lihatlah masa lalu anda dan anda akan menyadari bahwa target-target anda yang dahulu anda canangkan sebagian telah berhasil anda dapatkan.

Optimisme harus selalu kita jaga, impian-impian besar haruslah selalu kita hidupkan di dalam hati kita agar kita tidak kehabisan semangat untuk tetap beribadah, dan memperbaiki kehidupan kita, untuk menyongsong masa depan yang lebih baik. Apa pun yang terjadi dengan politik di Mesir, apa pun bentuk tanggapan negatif yang kita terima, jika kita memiliki energi yang cukup, dan semangat yang cukup, insya Allah hasil yang baik dalam kehidupan mampu kita capai.

Ketika umat Islam sedang dalam suasana mencekam, kala itu Umat Islam terancam oleh penyerangan gabungan suku-suku Arab yang jumlahnya kurang lebih sepuluh ribu prajurit untuk menghabisi Umat Islam yang masyhur di sebut Perang Ahzab atau Perang Khandaq. Di Saat Umat Islam kelelahan menggali parit sedalam Sembilan meter dengan lebar 3 meter itu, Rasulullah SAW memotivasi Umat Islam Madinah dengan memberi kabar gembira dan impian besar bahwa Umat Islam akan menaklukkan Kekaisaran Superpower di masa itu yaitu Kekaisaran Persia, dan Istana-Istana Kaisar Persia akan dimasuki oleh Pasukan Islam dengan takbir kemenangan di masa depan.

Impianlah yang membuat kita sebagai Umat Islam dan Umat Manusia secara umum begitu bersemangat untuk gigih berjuang , dan melanjutkan rencana-rencana besar kita. Walaupun kita harus tetap realistis dengan melakukan perbaikan diri dari hari ke hari secara konsisten.

Brian Tracy Warga Negara Amerika yang menghabiskan puluhan tahun masa hidupnya untuk mempelajari kesuksesan mendapati bahwa ada tujuh langkah yang akan membuat kita mampu mencapai target-target kita:

1. Melakukan sesuatu

2. Selalu maju dan tidak pernah mundur

3. Selalu memanfaatkan kata "sekarang"

4. Selalu bergaul dengan orang-orang yang berhasil

5. Kesulitan yang datang tidak bermaksud untuk menghentikan anda, namun untuk mengajarkan anda

6. Pahami dengan jelas tujuan anda, namun tetaplah berpikiran terbuka

7. Tidak ada yang mampu melakukannya seorang diri

Ketika kita merasa begitu menginginkan sesuatu, sesungguhnya kita akan semakin cepat mendapatkan sesuatu itu. Sebagaimana kita saksikan bagaimana Mahasiswa yang begitu ingin lulus belajar mati-matian dan akhirnya berhasil lulus sesuai waktu yang ditargetkan. Namun di saat kita gagal pun, kita sesungguhnya mendapatkan pengalaman yang mengajarkan kita untuk mencoba lagi dengan keadaan yang lebih siap dan lebih cerdik. Robert T Kiyosaki berkata "Manusia belajar paling banyak ketika dia melakukan kesalahan", dan sebagaimana Thomas E Edison berkata "Saya pasti sukses karena saya akan terus mencoba hingga menghabiskan semua kemungkinan untuk gagal".

Share on Google Plus

About izdiyan muttaqin

Saya adalah seorang pengajar, pembelajar, dan wiraswasta yang menyukai hal-hal yang berhubungan dengan motivasi, sejarah, ilmu keislaman, dan Bahasa Arab "anda bisa menghubungi saya" di presiden.izdiyan@gmail.com.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar