Bagaimana Cara Mengatasi Korupsi....


Kita yang lahir dan dibesarkan di Indonesia tentu tahu betul bagaimana korupsi benar-benar merajarela di Indonesia. Mulai dari Polisi di jalan, hingga pegawai-pegawai negeri di dinas imigrasi selalu berharap untuk diberi uang, dan yang berkepentingan juga selalu siap untuk memberi uang agar semua urusan bisa dimudahkan.

Sebenarnya semua itu terjadi karena adanya pertemuan dua kepentingan,
1. Orang berkepentingan yang ingin semua selesai dan siap membayar
2. Orang-orang pemerintahan yang berharap mereka diberi tips setelah mengerjakan pekerjaannya

Sebenarnya kita harus menyadari bahwa sebenarnya semua petugas sudah digajih, dan kita sebenarnya tidak perlu lagi memberi tips dan sogokan agar urusan kita dipermudah. Dan sebenarnya semua itu sudah menjadi pekerjaan sehari-hari yang menjadi tanggungjawab dari petugas tersebut.

Tentu saja cara mudahnya adalah dengan tidak memberikan uang. Memang kita tentu perlu sangat bersabar dan berjuang untuk tidak memberi uang, dan menjalani proses administrasi dengan menghadapi sang petugas dan menjalankan semua instruksinya. Tentu saja akan lebih murah tapi tentu saja melelahkan.

Andaikata kita semua mau bersabar dan berjuang untuk menjalani semua administrasi Insya Allah kita pun tidak perlu menyogok. Penyogokan terjadi karena ada yang menyogok. Kalau semua orang Indonesia berinisiatf untuk tidak menyogok, dan benar-benar bersungguh-sungguh tidak menyogok, Insya Allah korupsi dan penyogokan pun akan hilang dengan sendirinya dan menjadi budaya lama yang tidak kita kenal lagi..,

Perjuangan orang di bawah ini adalah contoh teladan yang patut kita tiru dan budayakan...
Share on Google Plus

About izdiyan muttaqin

Saya adalah seorang pengajar, pembelajar, dan wiraswasta yang menyukai hal-hal yang berhubungan dengan motivasi, sejarah, ilmu keislaman, dan Bahasa Arab "anda bisa menghubungi saya" di presiden.izdiyan@gmail.com.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar