CARA MENDAPATKAN RANKING 1 DI SEKOLAH



Setelah saya melakukan riset sederhana, ternyata judul ini merupakan judul yang menarik bagi sebagian pengunjung google. Jika anda mendapatkan artikel ini, berarti anda tidak sendirian, banyak netizen lain yang merasa penasaran, tentang bagaimana cara mendapatkan rangking 1 di Kelas. 

Sejujurnya, saya dahulu juga penasaran, bagaimana caranya agar saya bisa mendapatkan rangking 1. Jika anda sama seperti saya, sebenarnya cara mengetahuinya sangat mudah. Tanyakan saja langsung kepada teman anda yang rangking 1, bagaimana cara dia mendapatkan nilai yang bagus, sehingga dia mendapatkan rangking 1 di kelas?

Dalam artikel ini, saya akan membagikan hasil pembelajaran saya tentang cara belajar, proses pembelajaran ini memakan waktu cukup lama, sejak saya duduk di kelas 2 Tsanawiyah (setingkat SMP), di usia 14 tahun sampai saya lulus kuliah S2, di usia 27 tahun. Selama proses belajar tersebut, saya merasakan proses belajar yang cukup menarik, dari tidak mendapatkan rangking sama sekali, hingga mendapatkan nilai UN kedua tertinggi di angkatan, mendapatkan beasiswa saat kuliah di Mesir, menjadi wisudawan terbaik saat S2, dan kemudian mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan kuliah S3. Proses mendapatkan nilai terbaik ini saya bagi ke dalam beberapa langkah spesifik:

LANGKAH PERTAMA: BERDOA
Ini saya jadikan langkah pertama, agar kita semua menyadari bahwa segala sesuatu sesungguh ada di dalam kendali Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa. Jika anda seorang muslim, saran saya, adalah perbanyak doa. Perkuat ibadah-ibadah wajib anda. Perbanyak ibadah-ibadah sunnah anda. Shalat wajib, shalat sunnah, puasa sunnah, merupakan ibadah-ibadah yang biasa dilakukan oleh ilmuan-ilmuan cemerlang Islam, sejak dulu hingga sekarang. Jika anda benar-benar serius ingin mendapatkan rangking satu, maka buktikanlah hal tersebut dengan sebuah langkah penting, yaitu berdoa. Di mana pun anda mendapatkan kesempatan, berdoalah, dan jangan lupa meminta doa dari orang tua anda, karena doa orang tua untuk anaknya, tidak akan ditolak. 

LANGKAH KEDUA: MEMBUAT TARGET
Setelah anda berdoa siang dan malam, langkah selanjutnya adalah membuat target yang jelas. Untuk dapat memaksimalkan potensi anda, anda harus benar-benar membuat target yang jelas. Buatlah target yang membuat anda bersemangat dan bergairah. Misalnya buatlah target untuk mendapatkan nilai sempurna di semua pelajaran. Bayangkan anda mencapai target tersebut. Rasakanlah kebahagiaan yang akan anda rasakan saat target anda tersebut menjadi kenyataan.

Menurut saya tidak ada anak yang malas, yang ada hanyalah anak yang tidak memiliki tujuan yang jelas. Saat seseorang sudah memiliki tujuan yang jelas, yang membuatnya bersemangat, maka secara otomatis dia akan menjadi anak yang bersemangat. Penting sekali bagi kita untuk membuat target jangka pendek dan jangka panjang. Apakah target yang ingin anda capai tahun ini, apa yang ingin anda capai dalam 5 tahun ke depan, hingga 10 tahun ke depan. Buat target-target yang jelas, maka prestasi anda pun akan ikut membaik

LANGKAH KETIGA: BUAT RENCANA
Setelah anda membuat target yang jelas, langkah selanjutnya adalah membuat perencanaan. Buatlah rencana harian, mingguan, bulanan. Targetkan, pelajaran apa yang ingin anda selesaikan minggu ini. Jam berapakah anda akan mulai belajar. Buatlah daftar pelajaran yang harus anda selesaikan, bersama dengan jumlah bab yang ada dalam setiap pelajaran. Dalam satu hari, buatlah perencanaan untuk membaca satu bab buku anda. Buat perencanaan per semester, sehingga semua buku dalam setiap bab dapat anda baca, anda rangkum dan anda hafal.

LANGKAH KEEMPAT: PRO AKTIF
Setelah anda memiliki target dan perencanaan yang jelas. Jadilah siswa yang pro aktif. Jadilah siswa yang aktif di kelas. Kerjakan semua tugas yang diberikan oleh guru anda. Jika ada kesempatan 
bertanya, bertanyalah kepada guru anda, jadilah siswa yang memiliki citra baik di hadapan guru anda. Jangan pernah lupa juga target dan perencanaan anda. kontrol terus perencanaan anda. lakukan setiap perencaan yang pernah anda buat dengan sebaik-baiknya.

LANGKAH KELIMA: BACA BUKU ANDA
Setelah perencanaan telah anda buat, anda juga telah aktif belajar. Maka langkah selanjutnya, adalah anda harus membaca semua buku anda. Hal ini memang membutuhkan waktu, namun anda harus melaksanakannya, untuk memastikan bahwa anda mendapatkan nilai yang terbaik. Semua buku pelajaran harus anda baca. Karena itu anda harus menyicilnya dari jauh-jauh hari. Jangan pernah belajar hanya saat akan ujian. Hal ini bukan hanya bunuh diri, tetapi juga menyiksa diri. Anda akan tersiksa karena begitu banyak materi yang harus dipelajari, ditambah anda juga akan merasa tertekan karena waktu yang sangat terbatas. Karena itu, sejak awal semester, bacalah buku anda, sesuai dengan jadwal belajar yang telah anda buat.

LANGKAH KEENAM: BUAT CATATAN (PETA PIKIRAN)
Riset menunjukkan bahwa para pelajar dengan nilai terbaik rata-rata memiliki catatan di setiap pelajaran. Mereka menggunakan catatan untuk mempermudah pemahaman dan mempermudah hafalan. Bentuk catatan yang saya anjurkan adalah dalam bentuk peta pikiran. Peta pikiran lebih cepat pembuatannya dan juga lebih mudah diserap oleh otak. Jika anda belum pernah belajar tentang peta pikiran, maka carilah di internet tentang peta pikiran, peta pikiran akan membuat belajar anda menjadi lebih ringan dan menyenangkan. Jika anda telah menyelesaikan bacaan anda dari tiap bab yang ada di buku, anda bisa melanjutkannya dengan membuat peta pikiran, agar informasi yang sudah anda pelajari dapat anda ingat lembali dengan mudah

LANGKAH KETUJUH: HAFALKAN!
Setelah anda membuat mindmapping atau peta pikiran, langkah selanjutnya adalah menghafalkan apa yang telah anda pelajari. Menghafal memang tidak mudah, namun dengan menggunakan peta pikiran, dan dengan menyediakan waktu yang cukup, menghafal bukanlah hal yang sulit. Jika anda telah berhasil menghafalkan semua pelajaran anda di sekolah, maka hal ini merupakan modal utama untuk bisa mendapatkan nilai terbaik di setiap pelajaran.

LANGKAH KE DELAPAN: LATIHAN SOAL
Setelah anda berhasil menghafal setiap pelajaran, langkah selanjutnya dalam mendapatkan nilai terbaik adalah dengan latihan soal. Carilah soal-soal yang menurut anda menantang untuk anda jawab. Anda bisa mendapatkannya dari internet, atau pun dari senior anda yang sudah pernah mempelajari pelajaran anda. anda juga bisa mendapatkan soal-soal dari buku-buku yang dijual di took buku. Atau anda juga bisa membuat soal anda sendiri, contohnya dengan menggunakan judul-judul yang telah anda rangkai dalam mindmapping.

LANGKAH KE SEMBILAN: MASUK UJIAN DAN MENJAWAB SOAL UJIAN
Di langkah terakhir ini, anda hanya perlu masuk ujian, dan menjawab soal ujian dengan sebaik-baiknya. Usahakan agar kesehatan anda tetap baik selama ujian berlangsung, dan usahakan pula agar anda menjawab soal ujian dengan hati-hati. Jangan terburu-buru menjawab, dan jangan terkecoh dengan soal-soal pilihan ganda. Buatlah jawaban dengan sebijak mungkin. Dan jika anda merasa tidak mampu menjawab, anda bisa melewatkan soal yang anda anggap sulit, dan melaksanakan soal yang menurut anda mudah dahulu. Dalam menjawab soal essay, berilah jawaban selengkap mungkin, dengan dilengkapi dengan informas-informasi rinci yang telah anda hafal.


Jika anda mau meluangkan waktu, dan mengeluarkan waktu tenaga dan fikiran anda untuk melaksanakan langkah-langkah di atas, maka in sya Allah, anda akan menjadi yang terbaik di kelas anda, bahkan bisa jadi, anda akan menjadi yang terbaik di angkatan anda, ataupun di sekolah anda, saya tunggu, kisah sukses anda!

Komenta

Share on Google Plus

About izdiyan muttaqin

Saya adalah seorang pengajar, pembelajar, dan wiraswasta yang menyukai hal-hal yang berhubungan dengan motivasi, sejarah, ilmu keislaman, dan Bahasa Arab "anda bisa menghubungi saya" di presiden.izdiyan@gmail.com.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar