MEMBUAT TUJUAN HIDUP




MEMBUAT TARGET DAN TUJUAN HIDUP

Hari ini saya akan berbagi tentang sesuatu yang menarik. Sesuatu yang telah merubah hidup banyak orang di dunia, termasuk saya salah satunya. Sesuatu yang menjadi titik balik, yang pernah dilalui oleh banyak orang-orang yang sukses dan berpengaruh dalam sejarah. Yang saya maksud adalah membuat target dan tujuan hidup. Target dan tujuan hidup merupakan inti dari semua materi pengembangan diri. Setiap kita haruslah mampu mengembangkan disiplin untuk terus konsisten membuat target dan tujuan hidup yang jelas.  Agar kita tidak terombang ambing dalam hidup.

Nabi Muhammad SAW, tokoh paling berpengaruh dalam sejarah dunia, mengatakan berabad-abad yang lalu, “segala perbuatan haruslah dengan niat, dan setiap orang akan mendapatkan apa yang dia niatkan”. Kitab suci al-Qur’an juga mengharuskan orang-orang yang beriman kepada Allah untuk membuat perencanaan dan persiapan hidup, di dalam surat Al-Hasyr Allah SWT berfirman: “Wahai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah, dan hendaklah setiap jiwa melihat, tentang apa yang telah dia siapkan untuk hari esok”.

Perlu kita ketahui bahwa Tuhan Semesta Alam, Allah SWT juga tidak pernah membatasi keinginan hambanya yang tanpa batas, Ia berfirman dalam surat Al-Qur’an, “Berdo’alah kepadaku, maka akan aku jawab untuk kalian!”. Ajaib bukan, inilah yang biasa disebut dengan Law of Attraction oleh Rhonda, Joe Vitale, Bob Proctor, dan kawan-kawannya. Barangsiapa meminta, maka akan diberi oleh yang Maha Kuasa. Dalam hukum “Law of Attraction”, dikatakan, mintalah, dan terimalah. Mereka menyebut Yang Maha Kuasa dengan “alam semesta” atau universe. Pandangan yang sangat awam, seperti paham animisme dandinamisme. Bagi seseorang yang beriman, semua itu adalah hukum mutlaknya jawaban do’a dari Allah SWT, Tuhan Semesta Alam.

Napoleon Hill dalam bukunya yang fenomenal, “think and grow rich”, mengatakan, bahwa setelah ia menghabiskan 20 tahun hidupnya untuk meneliti ratusan orang-orang sukses yang ada di Amerika, ia menyimpulkan, bahwa sifat utama yang mereka miliki ialah: “kejelasan tujuan”, yang dalam Bahasa Inggris dikatakan sebagai “definiteness of purpose”. Maka dari itu, langkah pertama yang harus dibuat oleh seseorang yang ingin mencapai suatu kesuksesan yang besar, adalah membuat perencanaan, dan tujuan hidup yang jelas.

Brian Tracy, seorang filosof kesuksesan Amerika mengatakan bahwa hal pertama dalam pengembangan diri adalah membuat tujuan hidup, sisanya hanyalah komentar saja. Kemampuan membuat tujuan hidup adalah skill terpenting dalam hidup manusia. Dan perlu kita ketahui, bahwa kemampuan membuat tujuan dan fokus pada tujuan merupakan suatu kemampuan yang hanya dimiliki oleh manusia, dan tidak dimiliki oleh makhluk lainnya. Kita sebagai manusia memiliki kemampuan untuk pergi ke tempat-tempat yang kita inginkan, dengan cara membuat tujuan yang jelas. Setelah membuat tujuan yang jelas, dan membulatkan tekad untuk mencapai tujuan tersebut, kita akan menemukan cara yang sesuai untuk mencapai tujuan tersebut. Bahkan Brian Tracy menyarankan agar kita melakukan perencanaan dan perumusan tujuan hidup kita setiap hari, agar semua rencana dan tujuan hidup kita bisa terekam dengan baik, dan semangat untuk mencapainya bisa terus terbarukan setiap harinya.

Dengan langkah-langkah konsisten yang dilakukannya, dengan terus-menerus membuat perencanaan hidup dan merumuskan target hidup, Brian Tracy berhasil merubah kehidupannya, dari seorang pekerja kasar di Amerika, menjadi seorang pembicara Internasional dengan bayaran tinggi, sekaligus menjadi direktur, dan pemilik dari lebih dari sepuluh bisnis, dengan pendapatan lebih dari satu juta dolar, dengan buku-buku best seller yang laris di pasaran, dan diterjemahkan ke dalam banyak bahasa di Dunia. Dia juga memiliki keluarga bahagia dengan empat orang anak yang tumbuh dengan percaya diri dan keceriaan.

Zig Ziglar, salah satu guru pengembangan diri yang sangat penting di Amerika, mengatakan, bahwa membuat rencana dan tujuan hidup bukanlah hal yang ringan. Ini merupakan hal yang berat, sebuah proses perumusan tujuan hidup biasanya membutuhkan waktu setengah jam hingga satu jam, dan memerlukan ketenangan hati dan pikiran, maka tidak semua orang melakukan hal ini. Padahal, jika seseorang mau melakukan hal ini, maka dia akan mendapatkan kemudahan-kemudahan dalam hidupnya, dia bisa menghemat berjam-jam, bahkan bertahun-tahun akan bisa dihemat, setelah kita melakukan perumusan masalah yang terstruktur.

Tokoh lain yang juga sangat fanatik dengan pembuatan tujuan hidup ialah Antony Robins. Dia berpesan bahwa membuat target hidup adalah langkah utama yang harus dilakukan oleh setoap orang yang ingin merubah hidupnya. Target dan tujuan hidup tidak perlu masuk akal, tidak perlu formal, tidak perlu terbatas, namun yang paling penting dalam sebuah proses perencanaan dan perumusan tujuan hidup, adalah kita harus membayangkan dan merasakannya sepenuh hati, dan memasukkannya ke dalam hati kita. Sehingga kita benar-benar menginginkannya, sedemikian rupa, begitu ingin, ingin, dan membuncah perasaan ingin untuk mewujudkan tujuan kita tersebut.

Tokoh yang biasa disebut Tony ini bahkan menceritakan sebuah kisah nyata yang dia temukan di dalam seminarnya. Tentang suami istri yang bertekad untuk mendapatkan uang 100 ribu dolar dalam waktu enam minggu. Tujuan yang tidak masuk akal, namun karena pasangan ini menginkannya dengan sedimikian hebat, maka mereka melakukan apa pun yang bisa mereka lakukan, dan mereka membuat jalan pintas, yaitu dengan membeli lotre, dan siapa yang mengira, ternyata tujuan itu menjadi kenyataan. Mereka mendapatkan 100 ribu dolar dalam waktu enam minggu. Beberapa waktu kemudian, mereka kembali mendatangi seminar Antony Robin, dan dalam seminar itu, mereka bertekad untuk mendapatkan 1 juta dolar dalam waktu satu tahun, apa rencana mereka, dan ternyata, mereka berencana untuk membeli lotre lagi, dan luar biasanya, mereka mendapatkan yang mereka inginkan.

Lotre memang hal yang dilarang dalam islam, dan juga dilarang pemerintah, karena termasuk berjudi, namun kisah nyata tersebut merupakan fakta nyata yang tidak terbantahkan. Proses perumusan tujuan hidup ini telah membawa Antony Robins, ke dalam kehidupan yang sangat berbeda. Dia menjadi miliarder, sekaligus pembicara internasional, dan juga penulis buku best seller. Antony Robins berhasil merubah kehidupannya, tanpa pendidikan yang memadai, tanpa gelar sarjana, tanpa fasilitas dari orang tua (dia diusir dari rumahnya di usia belasan), dan tanpa modal yang diberikan kepadanya oleh orang lain. Ia hanya mengandalkan doanya, dan usaha terus menerus dalam membuat rencana dan tujuan hidup.


12 LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT PERENCANAAN HIDUP
Dalam artikel ini saya akan mengajak anda para pembaca untuk mempelajari langkah-langkah kongkrit yang harus dilakukan untuk membuat perencaan hidup yang efektif . Langkah-langkah ini dirumuskan oleh Brian Tracy, seorang tokoh yang menghabiskan puluhan tahun b hidupnya, untuk menemukan kunci-kunci menuju kehidupan yang sukses. Langkah-langkah ini telah teruji, dan sangat aplikatif, meskipun tidak mudah, namun bagi anda yang serius untuk memperbaiki hidup anda, langkah-langkah ini sangat layak anda coba, bacalah setiap langkah tersebut dengan sabar, ikuti dengan tenang, dan anda akan merasakan manfaatnya yang begitu besar 

#1: TENTUKAN DENGAN JELAS APA YANG ANDA INGINKAN DALAM HIDUP
a.       Pendapatan, berapa pendapatan yang anda inginkan tahun ini, tahun depan, dan lima tahun dari sekarang
b.      Prestasi belajar, Jika anda seorang pelajar, berapa nilai yang anda harapkan, dan di mana akan akan berencana untuk belajar di jenjang-jenjang selanjutnya, SMP, SMA, ataupun Universitas.
c.       Keluarga. Seperti apakah gaya hidup yang anda ingin miliki bersama keluarga anda?
d.      Kekayaan. Berapakah jumlah kekayaan yang ingin anda kumpulkan selama anda bekerja

Empat hal di atas hanyalah stimulus agar anda mulai berfikir, banyak hal lain yang ingin anda capai, namun pada masa awal, anda hanya perlu memikirkan apa pun yang anda inginkan,  tuliskan semua yang anda ingin lakukan, ingin miliki, atau ingin wujudkan dalam kehidupan anda. Tulis sebanyak-banyaknya.

#2 TULISLAH TUJUAN-TUJUAN HIDUP ANDA DENGAN JELAS
Tuliskan tujuan-tujuan anda dengan jelas, seolah-oleh anda sedang memesan sesuatu dari pabrik. Dan memang, ketika anda menuliskan sesuatu, sebenarnya itu merupakan salah satu bentuk doa, yang dicatat oleh Yang Maha Kuasa. Maka jalanilah proses ini dengan niat ibadah, dan niatkan juga sebagai doa kepada Sang Pencipta.

#3 BUATLAH DEADLINE (BATAS WAKTU)
Di samping setiap tujuan anda, tuliskanlah batas waktu. Untuk sesuatu yang mungkin memakan waktu lama, anda harus membuat sub deadline, atau batas waktu alternatif. Untuk sesuatu yang membutuhkan waktu lama, misalkan, untuk menjadi mandiri dan bebas finansial dalam 10 tahun, anda juga perlu membuat rinciannya, berapakah yang harus anda tabung dan investasikan setiap tahunnya.

#4 TENTUKANLAH, MASALAH APA YANG ANDA HADAPI
Sebelum memulai, tanyakanlah kepada diri anda, apa yang membuat anda belum berhasil mencapai tujuan anda. jangan mulai dengan menyalahkan keadaan atau orang lain. Mulailah dengan diri anda. Mulailah dari sesuatu yang dapat anda rubah dan kendalikan. Identifikasi masalah yang anda hadapi.

#5 KETAHUILAH, PENGETAHUAN DAN SKILL APA YANG HARUS ANDA KUASAI UNTUK MENCAPAI TUJUAN ANDA
Cari tahu skill apa yang dapat membawa anda kepada tujuan tersebut. Dan bersiaplah untuk mempelajari skill tersebut. Jika ada orang-orang yang harus anda temui, atau buku-buku yang harus anda baca, maka cobalah temui, atau baca buku tersebut. Cari informasi-informasi yang anda butuhkan

#6 CARILAH ORANG-ORANG YANG DAPAT MEMBANTU ANDA
Untuk membuat tujuan yang besar, anda memerlukan bantuan dari orang lain, hal-hal yang bisa anda lakukan antara lain:
a.       Mulai dengan keluarga anda, siapakah yang kira-kira dapat membantu anda
b.      Buatlah daftar bos anda, atau teman kerja yang dapat membantu anda
c.       Buatlah daftar konsumen yang mampu mendukung anda, dan menjadi konsumen bagi produk atau jasa yang hendak anda berikan
d.      Setelah anda menemukan mereka, mulailah berfikir, apakah yang bisa anda berikan kepada mereka.
e.      Untuk bisa mewujudkan sebuah target dan tujuan yang besar, anda harus mampu membantu banyak orang.
f.        Orang-orang sukses adalah mereka yang mampu membuat sebuah networking, atau jaringan, atau kumpulan orang-orang yang dapat membantu mereka, dan dapat mereka bantu. 

#7 BUATLAH DAFTAR HAL YANG HARUS ANDA LAKUKAN
a.       Buatlah daftar hal yang anda perlu lakukan untuk mencapai tujuan anda.
b.      Apa pun yang bisa anda pikirkan, tulislah semua itu, agar daftar tersebut menjadi semakin lengkap.
Setelah anda membuat daftar hal yang perlu dilakukan, anda akan mulai melihat target-target anda dengan lebih jelas dan realistis.

#8 RUMUSKAN DAFTAR TERSEBUT MENJADI SUATU RENCANA
Dalam hidup ini, ada hukum 80-20. yang artinya, 80 persen hasil ditentukan oleh 20 persen usaha kita. Fokuslah kepada hal-hal paling penting yang dapat anda lakukan, agar tujuan-tujuan anda dapat terwujud. Buatlah prioritas dari semua daftar  pekerjaan tersebut. Agar rencana anda bisa menjadi lebih sederhana.

#9 BUATLAH PERENCANAAN
Buatlah perencanaan yang lebih detail dan rinci. Perencanaan ini mencakup perencanaan jangka pendek dan jangka panjang. Perencanaan ini juga fleksibel dan bisa anda rubah seiring dengan berjalannya waktu.
a.       Rencanakan kegiatan harian, mingguan, bulanan, dan tahunan anda.
b.      Buatlah perencanaan bulanan di setiap awal bulan.
c.       Rencanakanlah setiap pekan di akhir pekan sebelumnya.
d.      Rencanakan setiap hari,  di malam sebelumnya.
Semakin detail rencana yang anda buat, akan semakin baik. Kuncinya, setiap perencanaan yang anda buat, akan menghemat setengah waktu anda dalam eksekusi.

#10 PILIH PEKERJAAN TERPENTING YANG HARUS ANDA LAKUKAN SETIAP HARI
a.       Buatlah prioritas dalam daftar pekerjaan anda. tanyakan kepada diri anda, “jika aku hanya mampu mengerjakan satu pekerjaan saja, maka pekerjaan apa yang akan aku kerjakan?” apa pun jawaban yang terlintas di benak anda, jadikan itu sebagai pekerjaan nomor satu anda di hari itu.
b.       Lalu tanyakan pada diri anda, jika aku bisa melakukan satu hal lain selain yang paling penting dalam daftar ini, maka pekerjaan mana yang aku kerjakan,  apa pun jawabannya, maka tuliskan nomor 2 di samping daftar tersebut, dan seterusnya.
c.       Lakukan terus, sampai anda memiliki tujuh pekerjaan prioritas.
d.      Fokus, pikirkan tentang hal-hal yang ingin anda capai, dan konsentrasi pada pekerjaan yang bisa mendekatkan anda pada hal yang bisa mewujudkan tujuan anda.

#11 KEMBANGKAN KEBIASAAN UNTUK BERDISIPLIN
a.       Setelah anda menentukan pekerjaan prioritas anda, fokuslah untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut, sampai pekerjaan itu selesai 100%.
b.      Kemampuan anda untuk menentukan pekerjaan terpenting, dan mengerjakannya dengan satu fokus utuh akan membuat produktifitas anda berlipat ganda, bahkan hingga tiga kali lipat.
c.       Menghandel satu masalah dalam satu waktu adalah teknik manajemen terbaik sepanjang masa.

#12 LAKUKAN VISUALISASI TERHADAP TARGET-TARGET ANDA
a.       Buatlah bayangan yang jelas dan nyata tentang tujuan-tujuan anda. Bayangkan seolah-olah anda telah mendapatkan apa yang anda inginkan.
b.      Dalam visualisasi, libatkanlah emosi, yang menyelimuti diri anda ketika anda mewujudkan tujuan-tujuan anda.
c.       Gambaran imajinasi yang bercampur dengan emosi akan membangkitkan alam bawah sadar anda yang sangat berpengaruh dalam kehidupan anda.
Demikianlah uraian saya tentang langkah-langkah membuat tujuan hidup dan langkah-langkah untuk mencapainya.  Semoga bermanfaat, jangan lupa bagikan artikel ini kepada orang yang membutuhkan, anda juga bisa berlangganan blog ini, maupun channel youtube saya: mohammad izdiyan, anda akan mendapatkan informasi-informasi terbaru yang saya berikan dengan gratis.
Terima kasih telah meluangkan waktu anda untuk membaca artikel ini..
Wassalamualaikum warohmatullah wabarokatuh....




Share on Google Plus

About izdiyan muttaqin

Saya adalah seorang pengajar, pembelajar, dan wiraswasta yang menyukai hal-hal yang berhubungan dengan motivasi, sejarah, ilmu keislaman, dan Bahasa Arab "anda bisa menghubungi saya" di presiden.izdiyan@gmail.com.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar