CARA MENINGKATKAN KEYAKINAN DIRI DAN KEPERCAYAAN DIRI





PENTINGNYA KEYAKINAN DIRI
                Keyakinan diri, atau yang biasa disebut dengan belief, atau iman, adalah sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Sebagai umat beragama, manusia juga sangat tergantung pada keyakinannya. Saat manusia menghadapi sesuatu yang baru, biasanya keyakinan ini akan diuji. Saat kita merasa bahwa kita tidak mampu melakukan sesuatu, maka keyakinan akan membuat kita terus melangkah.
                Keyakinan juga akan menentukan seperti apa seseorang menjalani kehidupannya. Ketika anda sudah yakin bahwa anda mampu melakukan sebuah tugas, misalkan memberikan sebuah ceramah, atau pun mengerjakan soal-soal matematika, maka anda akan menjalankan tugas itu dengan sebaik-baiknya, anda akan merasa percaya diri menjalankannya.

SIKLUS KESUKSESAN DAN KEGAGALAN

                Apakah itu siklus kesuksesan dan kegagalan. Menurut sebagian orang, sukses dan gagal sebenarnya diawali dengan keyakinan seseorang, atau prasangka seseorang. Ketika seseorang meyakini bahwa dirinya bisa menjadi sukses, maka dia akan berusaha sekuat tenaga untuk menjadi sukses, dia akan mengeluarkan usaha yang maksimal, dan mengeluarkan potensi dirinya hingga 90-99%, dengan begitu, dia pun akan mendapatkan kesuksesan dalam usahanya. Sebaliknya, seseorang yang meyakini bahwa dirinya adalah seorang pecundang, yang tidak memiliki potensi untuk sukses, maka dia akan mengeluarkan usaha yang sedikit untuk bisa sukses, tidak semua potensinya akan terangkat, dan pada akhirnya, hasil yang dia dapatkan juga tidak akan maksimal.
                Contoh sederhananya, adalah saat ada seorang pelajar yang meyakini bahwa dirinya bukanlah seorang yang pintar, maka dia tidak akan semangat dalam belajar, dia tidak akan mengeluarkan potensi maksimalnya, dan dia tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal.
                Sebaliknya, seorang pelajar yang meyakini bahwa dia mampu mendapatkan nilai yang baik, maka dia akan mengeluarkan segala usahanya untuk bisa mendapatkan nilai yang baik, 90% potensinya akan tergali, dan dia pun akan mendapatkan nilai terbaik yang bisa dia dapatkan.
                Menurut teori Adam Khoo dan Tony Robins, semua siklus kesuksesan dan kegagalan diawali dengan keyakinan. Maka dari itu, awal dari kesuksesan adalah keyakinan diri bahwa kita mampu mendapatkan kesuksesan. Maka dari itu, hal pertama yang harus kita kembangkan adalah keyakinan bahwa kita mampu melakukan apa yang orang lain mampu lakukan.
                Menurut saya sendiri, hal ini tidak sepenuhnya benar. Keyakinan sebenarnya bukanlah awal dari kesuksesan, namun dia adalah buah dari kesuksesan. Namun siklus kesuksesan, menurut saya diawali dengan aksi, atau usaha. Aksi dan usaha ini kemudian akan menghasilkan hasil, dan keyakinan akan tumbuh saat kita mendapatkan hasil yang kita inginkan.
Apa itu sebenarnya keyakinan
                Keyakinan memiliki banyak makna. Tony Robins mengatakan bahwa keyakinan adalah sesuatu yang menancap kuat di dalam hati kita yang tidak tergoyahkan, tidak terbantahkan dan begitu kuat tertanam di dalam diri kita, yang kita tidak bisa mengubahnya dengan tiba-tiba. Namun keyakinan itu biasanya dihasilkan oleh lingkungan atau oleh pengalaman yang kita rasakan dalam jangka waktu yang panjang.
                Jika saya hubungkan dengan ilmu tauhid, maka keyakinan ialah pembenaran dengan hati, pengucapan dengan lisan, dan aplikasi dengan amal perbuatan.
                Tiga unsur inilah yang disebut dengan iman dalam Bahasa Arab menurut sebagian ulama islam. Maka keyakinan sesunguhnya dapat dikembangkan dengan tiga hal ini, dengan membenarkan dalam hati, dengan pengucapan secara lisan, dan dengan perwujudan aksi melalui amal perbuatan. Jika tiga hal ini kita lakukan dengan benar, maka keyakinan dapat kita tingkatkan.
                Dalam penjelasan selanjutnya, para ulama juga menjelaskan bahwa iman bisa naik dan bisa juga turun. Iman dapat meningkat bila kita mengerjakan ketaatan kepada Allah SWT, dan iman dapat turun jika kita melanggar aturan Allah SWT. Maka dari itu, kita dapat mengambil kesimpulan, bahwa naik turunnya keyakinan kita kepada Allah dan kepada diri kita sendiri sesungguhnya adalah efek dari perbuatan kita. Selain memang tentu saja kita juga sangat dipengaruhi oleh lingkungan kita, dan juga orang-orang yang ada di sekeliling kita.

EFEK PLACEBO
                Apa anda pernah mendengar tentang efek placebo. Saat seorang pelari misalnya, diberikan sebotol minuman, yang dia yakini bahwa minuman itu merupakan minuman penambah energi, maka secara umum, tubuh pelari tersebut akan menganggap bahwa minuman itu benar-benar menambah energinya. Begitu juga dengan seseorang yang merasa dirinya sakit, kemudian dia diberikan obat oleh dokternya, maka dia akan merasa bahwa tubuhnya membaik berkat obat yang diberikan oleh dokter. Padahal faktanya biasanya tidak seperti itu. Itu bisa jadi hanyalah sugesti yang tercipta, karena keyakinan yang mereka tumbuhkan dalam diri.
                Bagi seseorang yang ingin melakukan suatu perubahan besar dalam hidup, biasanya dia harus bisa menghilangkan keyakinan-keyakinan buruk yang membatasi dirinya. Dia harus membuat pikirannya positif, dan berbaik sangka terhadap masa lalu dan masa depannya. Saat kita belum mampu mendapatkan sesuatu, biasanya bukan karena kita tidak mampu, namun bisa jadi karena kita belum yakin bahwa kita mampu mendapatkannya, maka kita pun tidak mampu mengeluarkan 100% potensi kita untuk dapat mewujudkan hal yang kita inginkan.
                Sebuah kisah yang berhubungan dengan hal ini adalah kisah tentang seorang pelari bernama Roger Bannington. Dia adalah orang pertama yang memecahkan rekor berlari dengan kecepatan 100 mil per jam. Sebelumnya tidak ada orang yang pernah berlari dengan kecepatan tersebut. Sebagian orang mengatakan bahwa berlari dengan kecepatan 100 mil perjam dapat membuat seseorang tidak mampu bernafas dengan baik, dan dia pun nantinya akan tewas dikarenakan kekurangan oksigen.
                Hal yang paling sulit bagi Roger adalah mengubah keyakinan-keyakinan buruk yang membatasinya. Dia harus menghilangkan gambaran buruk dari dirinya yang ditakutkan akan terjadi jika dia berlari dengan kecepatan melebihi 100 mil per jam. Dengan usaha yang terus menerus, akhirnya Roger berhasil memecahkan rekor tersebut. Dia menjadi orang pertama dalam sejarah yang berlari dengan kecepatan 100 mil perjam, dan hal-hal buruk yang ditakutkan ternyata tidak terjadi, dia masih hidup meskipun telah berlari begitu cepat, dan orang-orang pun memberinya penghargaan dan penghormatan yang luar biasa. Setelah dia berhasil, maka orang-orang pun akhirnya mulai menyadari, bahwa kecepatan 100 mil per jam merupakan kecepatan yang mungkin dicapai atau pun dilampaui oleh manusia. Maka di tahun yang sama, ada 14 orang yang berhasil memecahkan rekornya, rekor yang dahulu belum pernah terpecahkan selama bertahun-tahun lamanya.

TIPS PRAKTIS MENINGKATKAN KEYAKINAN DIRI
                Lalu bagaimanakah cara meningkatkan keyakinan diri? Berdasarkan pengalaman yang saya rasakan, yang mungkin juga anda pernah merasakannya, kurang lebih ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan keyakinan dan kepercayaan diri:

1# BERKUMPULLAH DENGAN ORANG-ORANG YANG SUDAH BERHASIL
                Seperti yang telah saya bahas sebelumnya, bahwa keyakinan diri biasanya ditumbuhkan oleh lingkungan kita. Karena itu, memilih teman yang tepat, lingkungan yang tepat, merupakan hal yang sangat penting untuk dapat meningkatkan keyakinan diri kita. Jika kita ingin menjadi pelajar yang sukses, maka kita harus mencari pelajar-pelajar yang telah berhasil mendapatkan kesuksesan dalam studi mereka, dan kita harus mulai meniru teknik belajar yang mereka terapkan. Begitu pula jika kita ingin menjadi orang yang sukses dalam berbisnis, kita harus mencari orang-orang yang telah sukses dalam bisnis, dan selanjutnya kita dapat meniru cara mereka mengelola bisnis. Hal ini juga berlaku dalam banyak hal lainnya, dalam bidang kesehatan fisik, dalam bidang spiritual atau semangat keagamaan, dalam bidang finansial, karir, dan lain sebagainya.

2# KUMPULKANLAH INFORMASI YANG MEMBUAT ANDA SEMAKIN YAKIN
                Dengan menambah informasi, kita juga dapat meningkatkan keyakinan diri kita. Manusia telah dikaruniai tiga hal utama untuk mengembangkan dirinya: pendengaran, penglihatan, dan hati. Dengan mendengarkan nasehat-nasehat yang bermanfaat, membaca buku-buku yang bermanfaat, dan dengan merenung dan berfikir dengan hati, kita dapat mengembangkan diri kita agar menjadi semakin baik, dan semakin siap untuk meningkatkan keyakinan diri kita. Buatlah kebiasaan untuk menyerap informasi positif setiap harinya, baik dengan mendengarkan progra’m audio, mendengarkan ceramah, atau pun dengan membaca hal-hal yang positif, ditambah lagi dengan meluangkan waktu untuk melakukan kontemplasi dan tafakkur, untuk menghidupkan hati kita, sehingg keyakinan diri kita pun semakin meningkat.

3# PERBANYAK MERENUNG, BERTAFAKKUR, DAN BERKONTEMPLASI
Kenalilah diri anda, dan pahamilah lingkungan anda. Luangkan waktu sejenak untuk membuat anda lebih dekat dengan sang pencipta. Dengan begitu anda akan dapa mengakses kebijaksanaan yang tanpa batas. Luangkan waktu untuk membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an sambil meresapi maknanya, maka anda akan menemukan inspirasi dan kekuatan, untuk dapat menjalani hidup dengan lebih baik, dan keyakinan diri anda, kepercayaan diri anda juga akan tumbuh bersamaan dengan ketenangan hati anda yang semakin baik.

4# LAKUKAN SEBANYAK MUNGKIN HAL POSITIF SETIAP HARI
                Habiskanlah waktu anda untuk melakukan hal-hal yang membawa anda kepada target-target terpenting dalam hidup. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa melakukan hal-hal yang positif dapat meningkatkan kepercayaan diri dan keyakinan diri. Mungkin inilah yang dimaksud dengan hasanah. Bahwa setiap kebaikan akan dibalas dengan kebaikan. Semakin banyak anda melakukan hal-hal positif, anda akan merasa semakin nyaman dengan diri anda.
                Keyakinan diri dan kepercayaan diri anda juga akan meningkat setiap anda berhasil mencapai target-target yang anda canangkan. Hal ini tentu saja berhubungan dengan rasa suka anda terhadap diri anda. Jika anda belum memiliki target yang jelas dalam hidup, anda dapat mencoba merumuskan target hidup anda, karena hal ini juga akan membantu anda mengembangkan kepercayaan diri anda.
                Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang keyakinan diri dan kepercayaan diri. Semoga kita mampu meningkatkan keyakinan dan kepercayaan diri kita, dari hari ke hari. Terima telah mampir ke blog saya, silahkan share artikel ini jika anda ingin berbagi manfaatnya kepada orang lain, jangan lupa menyertakan sumbernya, wassalamuaalaikum wr. Wb.

Share on Google Plus

About izdiyan muttaqin

Saya adalah seorang pengajar, pembelajar, dan wiraswasta yang menyukai hal-hal yang berhubungan dengan motivasi, sejarah, ilmu keislaman, dan Bahasa Arab "anda bisa menghubungi saya" di presiden.izdiyan@gmail.com.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar